Makanan Khas Kalbar


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai hai kali ini siap keluyuran akan berbagi beberapa menu-menu makanan yang wajib dicoba ketika berkeluyuran ke kalimantan barat. Makanan khas ini terdapat di berbeda kabupaten yang ada di kalbar namun tetap dapat di cicipi di ibu kota kalbar yaitu di pontianak. 

Tugu Khatulistiwa
Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi, sehingga pontianak  sangat intens melakukan beragam kegiatan menyambut fenomena alam ini. Dalam satu tahun terjadi pada bulan maret dan september setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Tepatnya di lokasi berdirinya Tugu Khatulistiwa, sebagai letak titik kulminasi Matahari di Kota Pontianak. 

Momen langka ini sering di datangi oleh pengunjung baik dari nusantara maupun luar negeri, maka ini lah kesempatan untuk menemukan makanan-makanan khas kalbar .


1  1. Bubur pedas

Membaca dari namanya terdengar seperti bubur yang sangat pedas jika dimakan, namun makanan khas kabupaten sambas ini rasanya tidaklah seperti namanya. Bubur pedas khas Sambas terbuat dari beras yang sudah di oseng  kemudian ditumbuk dengan sangat halus, dicampur dengan sayur-sayuran seperti pakis, kangkung, daun kesum dan sayur-sayuran lainnya ikut dimasukkan secara bersamaan ketika bubur sedang dimasak, biasanya bubur ini disajikan dengan ikan teri goreng dan juga kacang tanah yang ditambahkan di atas bubur pedas sebagai toping.
Wangi khas yang muncul dari bubur pedas ini berasal dari kaun kesum dan juga daun kunyit yang dirajang sampai halus kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan yang lainnya. Banyaknya campuran rempah dan sayuran yang diolah secara bersamaan, maka dari itu bubur ini dianggap mengandung banyak nilai gizi.

Bubur pedas siap santap


2. Kerupuk basah

Semua orang tentunya mengetahui bahwa yang namanya kerupuk adalah jenis makanan yang kering, garing dan tentunya digoreng. Tapi berbeda dengan makanan satu ini yang bernama kerupuk basah. Kerupuk basah adalah makanan yang berasal dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Walaupun memiliki nama kerupuk basah, tapi bentuk dari makanan ini lebih terlihat seperti pempek khas Palembang. 

Ntah bagaimana makanan ini memiliki nama kerupuk basah, yang jelas makanan memiliki kekhasan tersendiri. Tapi yang membedakannya adalah bentuk dari kerupuk basah ini lonjong memanjang dengan panjang berkisar 15 hingga 25 sentimeter dengan diameter sekitar 2-3 sentimeter. 

Kerupuk basah terbuat dari daging ikan yang sudah di giling yang dimana kita tau bahwa daging ikan banyak mengandung gizi dan protein. Ada dua jenis ikan yang sering dipakai untuk pembuatan kuliner ini yaitu ikan toman dan ikan belidak.

Makanan khas ini dapat dinikmati dengan sambal kacang dan bisa disajikan dengan cara di goreng maupun hanya di kukus.

yummmiiiiii

3. Sotong pangkong

Ketika memasuki bulan suci ramadhan kuliner sotong pangkong akan banyak di temui di pinggir-pinggir jalan pontianak, karna memang makanan ini dijual musiman. Sotong pangkong makanan yang di bakar lalu di pukul-pukul (pangkong) oleh penjualnya kemudian di sajikan dengan sambal kacang ataupun sambal cabe rawit biasa. 

Sotong atau cumi-cumi ini telah melalui proses pengeringan sehingga kalau tidak di pukul-pukul akan sulit untuk di makan  karena teksturnya yang keras/liut untuk di kunyah.


Sotong kering yang sudah siap di bakar lalu di pangkong
 maka jadilah sotong pangkong 


4. Mie asin

Lagi dan lagi makanan khas kalbar yang rasanya tidak seperti namanya, ya karna kalau rasanya asin kemungkinan tidak akan menjadi makanan khas kota singkawang. Mie asin dulunya menjadi makanan favorit orang cina di singkawang, dan lambat laun menjadi makanan khas yang disukai banyak orang karena disajikan dengan kuah sop kemudian diberi toping ikan teri, kacang tanah, dan juga bawang goreng. 


Tinggal ditambah kuah sop, langsung santap


5. Ale ale

Membaca dari namanya terdengar seperti minuman, namun siapa yang sudah pernah berkunjung ke kabupaten ketapang pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama makanan khas kota ini. Kerang ale-ale merupakan endemik Ketapang. Ale-ale sejenis kerang bercangkang keras dan licin. Bentuknya kecil seperti remis. Isinya berwarna putih bening. Ale-ale biasa ditangkap oleh penduduk di sekitar pesisir pantai Kabupaten Ketapang.

Ale-ale bisa diolah menjadi bermacam-macam makanan. Seperti ale-ale tumis, ale-ale asam, kuah kental, sambal ale-ale, dan banyak lagi. Semua sajian ale-ale terkenal sangat enak. Kerang ini bercitarasa sangat sedap. Bahkan dengan pengolahan sangat sederhana tetap enak yaitu dengan cara direbus ditambah garam.

Makanan ini biasanya juga sering kita temui di warung-warung tapi pantai yang ada diketapang

 
Terlihat menggiyurkan 


Hanya beberapa dari banyaknya makanan khas kalbar, kalau mau tau lebih mari berkeliaran ke kalbar, dan nikmati langsung makanannya. See uuuu di lain cerita berikutnyaaaaaaaaaa. :)







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengunjungi Desa Tamong

Pulau Lemukutan